Prodek (Program Jangka Pendek)

Setelah IKSAB IAIN Semarang Berkibar

 

Rabu legi, 11 Rabiul Awwal 1429 H, bertepatan pada 19 Maret 2008, pukul 15. 30 istiwak, di Auditorium Kampus II IAIN Walisongo Semarang berkumpul para alumni (bentuk jamak dari alumnus, red) TBS dalam rangka silaturrahim sekaligus memilih ketua IKSAB TBS Komisariat IAIN Walisongo Semarang. Sekitar 30-an orang alumni yang hadir pada saat itu, mulai dari tahun 1999-2007, memilih Ahmad Tajuddin Arafat (alumni 2005) sebagai ketua terpilih.

Dengan suasana penuh keakraban dan kekeluargaan, sore itu juga dibahas langsung agenda jangka pendek yang akan dilaksanakan. Ini merupakan tahun dimana IKSAB Semarang, khususnya IAIN Walisongo akan meneguhkan kembali eksistensinya setelah beberapa tahun lalu sempat menghilang dari peredaran.

Beberapa hal yang menjadi agenda jangka pendek, yang telah disepakati bersama dalam Rapat Kerja (Raker) singkat tersebut adalah: [1] melaksanakan acara pelantikan sekaligus maulid Nabi Muhammad. [2] mensosialisasikan berdirinya IKSAB Semarang melalui media massa cetak. [3] membuat sarana komunikasi dalam rangka memperluas dan menyatukan ikatan alumni IKSAB yang ada di seluruh dunia. [4] merencanakan berdirinya basecamp sebagai pusat kegiatan IKSAB.

Pada Rabu Pahing, 2 Rabi’ul Akhir 1429/ 9 April 2008, pukul 15.00 istiwa’, agenda pertama, yakni maulid Nabi dan pelantikan telah sukses dilaksanakan di masjid kampus II IAIN. Dihadiri lebih dari 70 alumni dari beberapa kampus di sekitar Semarang. Antara lain Unissula, Undip, UNNES, IKIP PGRI, Unisbank, Untag dan Unwahas. KH. Mushthafa Imran yang saat itu hadir sebagai pembicara memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus IKSAB yang baru dilantik langsung oleh Ketua IKSAB Pusat, Drs. H. Ahmad Sururi. Mushthafa yang juga menjabat Kepala MA TBS tersebut berharap IKSAB Semarang mampu memberikan terobosan bagus bagi pengembangan alumni yang ada di Semarang. Bukan sekadar organisasi papan nama, tanpa program yang jelas.

Melalui siaran pers (Press Release) yang dikirimkan ke beberapa media massa, IKSAB juga mengabarkan kepada khalayak, terutama kepada alumni, bahwa IKSAB IAIN Semarang telah resmi berkibar. Selain itu, terbitnya blog yang beralamat di iksab1semarang.wordpress.com ini, merupakan bagian dari program jangka pendek IKSAB Komisariat IAIN Semarang yang telah direalisasikan. Tujuannya tiada lain kecuali sebagai sarana menjalin komunikasi [terutama jaringan IKSAB yang ada di seluruh dunia]. Alhamdulillah.

Sementara itu, untuk membuat basecamp IKSAB harus membutuhkan waktu dan tenaga, karena keterbatasan dana. Pasca berdiri satu bulan yang lalu, IKSAB IAIN Semarang masih mengandalkan swadaya pengurus. Sangat jauh dari mencukupi untuk mendirikan sebuah basecamp yang membutuhkan biaya tidak sedikit. Ini menuntut kepiawaian dalam menyusun strategi serta kerja keras dari pengurus IKSAB. Sebelum basecamp berdiri, untuk sementara pusat kegiatan IKSAB IAIN Semarang ditempatkan di Tanjung Sari Utara, Tambak Aji, Ngaliyan Semarang 50185. Bagi yang ingin menyapa melalui elektronik mail (email) bisa di iksabtbssmg@gmail.com. Atau di CP: 081 326 706 549 (Sdr. A. Tajuddin Arafat) dan 085 226 228 507 (Sdr. M. Abdullah Badri).

Selain program jangka pendek yang telah direncanakan, pada 29 April 2008, IKSAB bekerja sama dengan Penerbit Mubarakatan Thayyibah Kudus berpartisipasi dalam acara Book Fair di Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo.

Bekerjasama dengan FORMAT Yogyakarta dan Jakarta, IKSAB Semarang juga berencana mengadakan dialog interaktif dengan tema: “Pesantren dan Tantangan Modernitas” ke Madrasah TBS Kudus. Tujuannya, selain sosialisasi juga dalam rangka memberikan dorongan semangat kepada adik-adik kelas yang hendak lulus ujian agar tetap memiliki semangat belajar. Untuk itulah para pembicara yang akan dihadirkan adalah yang memiliki prestasi, baik lokal, nasional maupun internasional. [iksaba]

 

6 Tanggapan

  1. Bravo IKSAB!!! Saya salut ma temen-temen semarang. Semangat terus dan berjuang!

  2. selamat untuk munculnya IKSAB Komisariat Semarang, semoga juga gak hanya anget-anget tahi ayam. Sebenarnya disemarang juga udah ada organisasi alumni FORMAT Semarang, dengan adanya IKSAB ini bagaimana? apakah sudah melebur atau masing-masing jalan?. mbok kalo ada acara tetangganya yang di Jogja di kabari atau diundang, semarang Jogja kan gak jauh. apa gara-gara nama kita beda?Syukron ala ihtimaamikum.

  3. Ya, dulu memang sudah ada FORMAT SEMARANG, namun sudah fakukm sejak 2004. Sekarang melebur menjadi IKSAB. Kita tetap berikan kabar ke teman-teman di daerah lain kok. Bahkan yang di luar negeri juga kita beritahu. Thanks

  4. waduuuuh nemu blog alumni TBS,
    selamat ya atas mengudaranya blog Iksab semarang.
    jadi kangen sama tbs. tapi ko saya sama sekali ga ada yang kenal dengan sampean-sampean yang ada di jajaran kepengurusan iksab, hanya abdulloh badri yang saya kenal. oh ya, mungkin, karena aku dulu waktu sekolah di aliah tbs (2002-2005 kelas F) kurang pergaulan, maklumlah di tbs kan cowok-cowok semua, jadi dulu saya males banget berteman, he..he..
    kembangin terus dong blognya!!

    salam kenal dari saya sukron hadi mahasiswa UIN Jakarta.

  5. jujur, saya hilang silaturrahmi dengan temen-temen tbs. temen-temen yang masih kenal sama aku, terutama aliah kelas F (angkatan 2002-2005). mohon sapa aku di alamat e-mailku: korn_hadiningrat31@yahoo.co.id

    oh ya sekalian mau nanya alumni tbs punya mailing-list atau milis ga?

  6. Yups….
    inil adalah suatu sarana untuk komunikasi akan terus terjalin, dengan melalui situs-situs iksab yang oke n gaul kita pererat persaudaraan kita.
    Hoy…
    Bos kalo ada acara-acara tentang kita q di call ya???

    I LOVE YOU TBS………

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: