Maulid Akbar Santri Kudus

Forum Santri Kudus Semarang Tahun 1433 H / 2012 M mengadakan Maulid Nabi Muhammad Shallallaahu ‘Alaihi Wasallama 1433 H. Sebenarnya acara ini berasal dari inisiatif Pengurus IKSAB Madrasah TBS Kudus Cabang Semarang untuk mengadakan acara bersama alumni madrasah lain dan kemudian ditindaklanjuti dengan koordinasi persiapan acara dengan mereka. Forum ini merupakan dari usulanbeberapa teman alumni Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS), Madrasah Qudsiyyah, Madrasah Banat dan Madrasah Mu’allimat Kudus pada Kamis(23/2).

Maulid Akbar dilaksanakan pada Rabu Kliwon, 13 Rabi’ul Akhir 1433 H/07 Maret 2012 M pukul 15.00 WIS – selesai di Masjid Kampus III IAIN Walisongo Semarang. Diikuti oleh dosen, mahasiswa dan alumni Madrasah Tasywiquth Thullab Salafiyyah (TBS), Madrasah Qudsiyyah, Madrasah Banat dan Madrasah Mu’allimat Kudus se-Semarang dan sekitarnya. “Jadi tidak hanya dari IAIN Walisongo Semarang saja, tetapi juga dari seluruh kampus yang ada di daerah Semarang dan sekitarnya, seperti STAIN Salatiga”, kata Ahmad Fikri Zanahu Khuluq ketika menyampaikan sambutannya mewakili panitia.

Peserta maulidan ternyata tidak hanya dari Semarang dan sekitarnya karena acara ini juga terbuka untuk umum. Ada yang dari Salatiga dan Kudus. “Acara ini merupakan wahana temu kangen dan silaturrahim dengan kegiatan religius”, kata Aris, mahasiswa STAIN Kudus yang mengikuti acara ini. “Lebih sering-seringlah mengadakan kegiatan seperti ini agar para alumni isih eling wetone, isih eling tradisi lan agamane”, ungkap Heru Saputra, mahasiswa STAIN Salatiga yang juga alumni IELSP tahun 2011.

Adapun yang mengisi mau’idhoh adalah Kiai Zainul Adzfar, M. Ag, ketua jurusan Aqidah Filsafat Fakultas UShuluddin IAIN Walisongo Semarang. Beliau mengatakan bahwa esensi forum ini adalah maulidan sekaligus silaturrahim dengan teman-teman alumni madrasah di Semarang dan sekitarnya. “Jadi tidak usah panjang-panjang mau’idhohnya. Cukup sekian saja dan dilanjutkan dengan jagong-jagong dengan alumni yang lain”, tambah pengisi program “Tak Kenal Maka Tak Sayang” Radio Hot FM Semarang itu.

Acara ini dihadiri lebih dari 120 mahasiswa dari IAIN Walisongo, IKIP PGRI, UNNES, STAIN Salatiga, STAIN Kudus dan beberapa perguruan tinggi yang lainnya. “Beberapa teman dari UNNES ada yang terlambat datang ke sini karena hujan. Yah, walaupun telat tapi kami masih bisa silaturrahim dengan teman-teman yang lain”, ungkap Himnil Husna, mahasiswa jurusan Kimia UNNES.

“Nama forum ini belum final, jadi kami mengajak perwakilan alumni madrasah se-Kudus untuk menindaklanjuti acara ini. Adapun yang akan dibahas setelah maulidan ini (setelah magrib) adalah nama forum, madrasah mana saja yang akan ikut dan juga kepengurusan forum ini sendiri beserta program-programnya ke depan. Following up-nya akan dilanjutkan pada Sabtu Kliwon, 23 Rabi’ul Akhir 1433 H/17 Januari 2012 M di Masjid Agung Jawa Tengah pukul 09.00 WIB”, jelas Muhammad Akmaluddin selaku Ketua IKSAB TBS Kudus Cabang Semarang Periode 1432 H-1433 H/2011-2012 M sekaligus koordinator umum dari acara maulidan ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: